• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Strategi Dan Peran BPR Sukabumi Dalam Menopang Ekonomi Kerakyatan Di Era Globalisasi ( UUP3SK )

    PORTALMILITER.COM
    Senin, 18 Maret 2024, 18:37 WIB Last Updated 2024-03-18T11:38:14Z

     

    PortalMiliter | sukabumi,-Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Sukabumi saat ini berkembang pesat ditengah guncangan dan pelemahan global, pertumbuhan ekonomi tumbuh positif dengan peran aktif perbankan daerah yaitu Peerumda BPR Sukabumi. BPR Sukabumi hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan produk-produk unggulan yang berguna bagi masyarakat semua

    BPR Sukabumi adalah perusahan BUMD yang bergerak dibidang perbankan, yang memiliki 13 Cabang dan 11 Kantor Kas. Hingga saat ini total asset BPR Sukabumi mencapai Rp. 612.453 miliar, ke 13 kantor cabang berperan aktif membantu masyarakat dalam menghadapi masalah keuangan juga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. BPR Sukabumi sebagai motor penggerak mempunyai beberapa peranan, yakni menumbuhkan sector usaha kerakyatan, meningkatkan kemampuan ekonomi pengusaha dan UMKM, dan sebagai sumber pendanaan.

    Saat ini UMKM di kalangan masyarakat tumbuh dengan cepat terlebih Kabupaten Sukabumi mempunyai banyak kawasan wisata yang mendorong tumbuhnya UMKM. Untuk membantu UMKM masyarakat dan mendukung produk lokal agar dikenal sampai kemanca negara juga membantu perekonomian daerah, BPR Sukabumi hadir untuk menjadi solusi masyarakat yang sulit untuk mendapatkan bantuan modal. Dalam hal ini, BPR Sukabumi memainkan peran penting dalam membantu membiayai usaha-usaha kecil dan menengah, yang merupakan sumber daya ekonomi penting bagi Sukabumi

    BPR Sukabumi saat ini memiliki produk tabungan yang berjumlah 7 produk yaitu (Deposito, Tabungan BANGKIT, Tabungan Ku, Tabungan SIBAROKAH, Tabungan SIWAJAR, Tabungan TAHARA, Tabungan TAPAK). Sampai dengan bulan Maret ini jumlah nasabah mencapai 56.711 nasabah dengan saldo Rp. 368 miliar. Produk TAHARA yaitu Tabungan Hari Raya menjadi salah satu produk unggulan BPR Sukabumi yang banyak diminati nasabah. Menjelang bulan suci Ramadhan seperti saat ini BPR Sukabumi mencairkan TAHARA sebesar Rp. 67 miliar dengan jumlah nasabah mencapai 10.908. Ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat sangat tinggi kepada BPR Sukabumi dan juga BPR Sukabumi membuktikan bahwa Perusahaan dapat membantu laju perekonomian masyarakat daerah

    BPR Sukabumi juga memainkan peran penting dalam membantu masyarakat mengatasi masalah keuangan. Dengan menyediakan produk-produk keuangan seperti deposito dan tabungan, BPR Sukabumi membantu masyarakat mengatasi masalah keuangan dan memastikan bahwa uang masyarakat tersimpan dengan aman. Maka dari itu Direktur Umum dan Fungsi Kepatuhan, yakni Wibowo Hadikusumah, SH., M.Si mengingatkan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir dan takut berhubungan dengan BPR Sukabumi karena dana saudara terjamin dan di jamin oleh LPS.

    BPR Sukabumi melakukan penyesuaian peraturan-peraturan yaitu Undang-undang no.4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK), Management berharap dengan penyesuaian ini BPR Sukabumi dapat mendorong kontribusi sektor keuangan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan berkeadlian guna meningkatkan taraf hidup masyarakat serta memperluas sumber pembiayaan jangka Panjang. Selain itu, sehubungan dengan UU PPSK tersebut, BPR Sukabumi berganti nama dari Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

    Untuk mendukung industri perekonomian yang sehat dan memiliki daya saing yang tinggi. BPR Sukabumi dalam menjalankan kegiatan usaha senantiasa memperhatikan prinsip kehatihatian dan manajemen resiko..

    Di era globalisasi seperti sekarang persaingan sangatlah ketat dan juga membutuhkan SDM yang mempu mengatasi itu serta memiliki banyak inovasi, begitupun di dunia perbankan, dalam hal ini perbankan memainkan peran penting dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap produk. Hal ini dilakukan dengan membantu memperluas jaringan dan menyediakan produkproduk yang mudah diakses oleh masyarakat, seperti website perusahaan. Menurut Wibowo Hadikusuma, SH., M.Si selaku direktur umum dan fungsi kepatuhan mengatakan. “Untuk menunjang itu semua BPR Sukabumi saat ini meningkatkan kualitas SDM yang handal dan professional untuk dapat bersaing di era digital seperti sekarang. Meningkatkan kualitas SDM sangatlah penting bagi para pegawai untuk menunjang kemampuan manajerial dalam menjalankan prinsip tata kelola perusahaan.”

    Saat ini BPR Sukabumi meningkatkan pelayanan agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi. BPR Sukabumi hadir dengan inovasi baru yaitu tersedianya Virtual Account yang memudahkan nasabah. Virtual Account hadir untuk memudahkan proses transaksi dan untuk lebih mempersingkat waktu. Penggunaan Virtual Account dirasa lebih efisien dan praktis disbandingkan dengan transfer manual rekening bank. Jadi tidak ada alasan lagi untuk terlambat menabung atau membayar cicilan. Memilih metode pembayaran Virtual Account merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi nasabah. Selain karena mudah dan praktis, tingkat keamanannya pun sangat terjamin. Selain Virtual Account, BPR Sukabumi juga menyediakan website yang berisikan informasi tentang BPR Sukabumi dan juga informasi mengenai produk yang tersedia, yang dapat diakses dihalaman www.bprsukabumi.co.id jika nasabah membutuhkan informasi mengenai produk yang tersedia di BPR Sukabumi bisa dengan mudah mengakses halaman tersebut dimana saja.

     Note : Bagi warga masyarakat yang ingin berhubungan dengan BPS Sukabumi, silahkan hubungi cabang-cabang terdekat

    ( Red ) 

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru