• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wabup Sukabumi Aspirasi Poktan Jampang Abadi Oyag ,Talas Beneng Dan Mangga Kasturi Jadi Unggulan

    PORTALMILITER.COM
    Kamis, 03 Februari 2022, 09:03 WIB Last Updated 2022-02-03T02:03:49Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri apresiasi inovasi yang dikembangkan Poktan Talas Beneng Jampang Abadi Oyag, di Kedusunan Ciguha, Desa/Kecamatan Jampangtengah, Rabu (2/2/22).


    Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sukabumi disela kunjungan langsung melihat produksi talas beneng yang dibudidayakan Poktan Talas Beneng Jampang Abadi Oyag. Dimana, Talas Beneng tersebut, diolah menjadi tembakau alternatif oleh Poktan disana.


    "Produksi talas beneng yang dilakukan Poktan Talas Beneng Jampang Abadi Oyag, perlu diapresiasi dan dikembangkan, dimana selain buah talasnya juga daun talas beneng bisa dipanen dan dibuat tembakau herbal," kata Iyos Somantri.


    Selain itu, Iyos melihat, Poktan juga menanam pohon yang dinilai langka dan jarang dikembangkan, yaitu menanam Mangga Kasturi (mangifera casturi kosterm). 


    "Untuk diketahui, talas beneng merupakan tanaman yang menjanjikan bagi para petani begitupun Mangga Kasturi. Maka tak heran, di Kabupaten Sukabumi telah ditanam di lahan seluas 115 hektare di tujuh kecamatan di Kabupaten Sukabumi," jelas Iyos.




    Sementara itu, lanjut Iyos penanaman Pohon Mangga Kasturi, sebagai bentuk pelestarian. Sehingga, mencoba ditanam di wilayah Kecamatan Jampangtengah.


    "Alhamdulillah, pohonnya sudah ditanaman. Mudah-mudahan tumbuh baik dan tidak punah. Selain di Jampangtengah, penanaman pohon yang bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan dilakukan di berbagai tempat," tandasnya. 


    (Agil Rachman - Redpel )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru