• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    3 Kepala Desa Wilayah Ciemas Pertanyakan Pembangunan Ruas Jalan Ciloa 4 Km Yang Sudah Parah Untuk Di Lalui

    PORTALMILITER.COM
    Selasa, 15 Maret 2022, 10:08 WIB Last Updated 2022-03-15T03:09:33Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Pemerintahan Desa Ciwaru,  Desa Tamanjaya dan Girimukti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, terkait pembangunan ruas jalan Ciloa Curug Sodong, Girimukti Ciemas dan Nyomplong Ciloa. Yang memang masih ada ruas jalan yang memang belum terselesaikan untuk pembangunannya, dipertanyakan 3 Kepala Desa tersebut. Yang di wakili oleh Kepala Desa Ciwaru Taopik Guntur Rochmi.


    Opik sapaan akrabnya Kepala Desa Ciwaru Taopik menjelaskan sama Awak Media perihal jalan tersebut, ini perlu adanya kejelasan dari Dinas PU Kabupaten Sukabumi sebagai lini sektornya. Sebab jalan tersebut adalah akses utama yang menuju objek wisata yang masuk pada Zona Geopark Ciletuh Palabuhanratu. 


    "Saya mewakili dari tiga Kepala Desa yang memiliki Zona wisata tersebut, yaitu Tamanjaya dan Girimukti dan tentunya Desa yang  saya pimpin Ciwaru. Minta kejelasannya kapan jalan tersebut mau di bangun oleh  Pemda Sukabumi melalui pihak Dinas PU Kabupaten Sukabumi dalam hal ini.? "kata Kades Opik.


    Lebih lanjut Opik juga mengatakan bahwa, pembangunan ruas jalan tersebut adalah tanggung jawab Pemda Sukabumi. 


    "Saya perlu menjelaskan juga, bahwa Pemprov Jabar sudah buktikan  tanggung jawabnya atas peningkatan pembangunan sarana prasarana objek wisata yang ada di Kawasan Geopark Ciletuh khususnya. Sementara bagaimana dengan pertanggungjawaban Pemda Kabupaten Sukabumi mengenai infrastruktur jalannya yang menuju kawasan tersebut? Apa tidak malu dengan  Pemprov Jabar yang sudah peduli terhadap peningkatan Kawasan Geopark Ciletuh ini,"geramnya.


    Masih kata Kades Ciwaru ini ,"Ingat Bapak-bapak yang terhormat, para pemangku kebijakan di Kabupaten Sukabumi. Geopark Ciletuh ini bertarap Internasional,  akan tetapi kontradiksi. Masih ada jalan yang sampai hari ini tidak layak untuk dilihat oleh mata dunia atau wisatawan baik lokal maupun internasional, Malu dong,"celotehnya


    "Perlu diketahui bersama, ini perlu adanya pembangunan yang dilakukan oleh Pemda Sukabumi. diantaranya Ruas jalan Nyomplong Ciloa 4 Km, ruas jalan Girimukti Ciemas 1,4 Km dan Ciloa Curug Sodong 2,8 Km. Perlu diketahui semua pihak, bahwa Semua jalan tersebut sebagai penyangga Geopark Ciletuh yang menjadi tanggung Pemda Sukabumi melalui APBD. Kalau persoalan ini masih tidak di selesaikan juga, maaf kami bukan mengancam. Kami bersama beberapa Kepala Desa dan ratusan warga masyarakat Geopark Ciletuh, akan melakukan silaturahmi ke Gedung Dewan dan Kantor Dinas PU Binamarga Kabupaten Sukabumi sebelum bulan puasa,"tandasnya.



    Diakhir wawancaranya dengan wartawan PORTAL MILITER

    Kades Opik menambahkan,


    "Kalau memang Pemda Kabupaten Sukabumi melalui Dinas PU Bina Marga dan DPRD Kabupaten Sukabumi, menyikapi dan sudah menganggarkan 3 ruas jalan tersebut, kami meminta bukti kongkrit dengan di publikasikannya daftar paku anggaran (DPA) untuk pembangunan jalan tersebut,"pintanya.



    Sumber : Kades Ciwaru 


    ( Nur Ahmad Dendi )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru