• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menteri Kominfo Gelar Webinar Pendidikan 2022,Ini Kata Bupati Sukabumi

    PORTALMILITER.COM
    Rabu, 11 Mei 2022, 13:17 WIB Last Updated 2022-05-11T06:25:12Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Menteri Kominfo RI Johny G Plate secara daring, gelar Opening Speech pada acara Webinar Pendidikan 2022 bagi daerah di Indonesia, Selasa (10/5/22).


    Webinar Pendidikan bersama Menteri Kominfo RI, salahsatunya diikuti Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, di Pendopo Sukabumi, Jawa Barat.


    Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, literasi digital menuju masyarakat cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan. Apalagi, tuntutan di ruang digital semakin semakin besar dan telah menyentuh semua kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. 


    "Kualitas SDM harus memiliki pondasi yang kuat. Oleh karena itu, peran guru sangatlah penting dalam membentuk hal tesebut. Guru diyakini mampu mengantarkan peserta didiknya melek digital. Hal itu tentu saja dengan mengedepankan aspek etika dan keamanan digital," ujar Marwan Hamami.


    Menurut Bupati Sukabumi, literasi digital tidak hanya menuntut penguasaan teknologi semata. Namun, transformasi digital bertumpu pada tiga kunci utama. Hal itu seperti kualitas SDM, teknologi, dan regulasi.


    "Dari semua itu, SDM merupakan kuncinya. Guru selaku SDM, memiliki posisi strategis dalam meliterasi dan dituntut cakap bermedia digital," kata Marwan.


    Maka dari itu, Lanjut Marwan sinergi dengan platform sahabatguru akan memberikan kontribusi besar dalam membentuk guru yang unggul, cakap bermedia digital, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter.


    "Peran guru diyakini mampu memnciptakan sebuah strategi literasi lintas kurikulum. Tentu saja yang sesuai dengan situasi dan kondisi sumber daya yang dimiliki sekolah," tandasnya.


    Semnetara itu Menkominfo RI Johny G Plate menambahkan, kementerian yang dipimpinnya terus menggerakan program literasi digital nasional. Sehingga, Kominfo memasilitasi literasi digital bagi para guru. Hal ini, demi masyarakat yang cakap digital.


    "Peran guru di era digital menuntut keahlian dalam menyampaikan solusi yang tepat. Maka dari itu, guru harus memiliki kecakapan digital yang mumpuni," pungkas Johny G Plate.



    Opening Speech pada acara Webinar Pendidikan 2022 bersama Menteri Kominfo RI Johny G Plate  terselenggara dari sinergi program literasi digital nasional “Indonesia makin cakap digital”. Dari Kemenkominfo RI bersama sahabat guru, asosiasi pemerintah kabupaten seluruh Indonesia (APKASI), yayasan pendidikan adiluhung nusantara.


    Topik membentuk SDM guru daerah yang unggul dalam bermedia digital, numerisasi dan berkarakter serta berdaya saing global, yang mana peserta webinar tersebut diikuti oleh para guru TK/Paud, SD dan SMP yang ada di daerah Indonesia.


    Red : Rudi Samsidi.

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru