• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Waluran Tempat Singgah Rehat Dan Kuliner Wisatawan CPUGGP

    PORTALMILITER.COM
    Rabu, 22 Februari 2023, 03:14 WIB Last Updated 2023-02-21T20:15:50Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Kecamatan Waluran merupakan satu dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, juga termasuk dalam cakupan kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp),


    Walau Kecamatan Waluran dikategorikan tidak  memiliki potensi Wisata Alam namun memiliki aset dan prospek besar dibidang Wisata Edukasi pertanian, Wisata Kuliner hasil pertanian serta Perkebunan dan Peternakan.


    Sebut saja Hanjeli yang dikenal dengan sebutan jali atau jali-jali di Indonesia. Tanaman hanjeli berbentuk rumpun setahun dengan batang yang tegak dan besar. Tinggi batang dapat mencapai 1-3 m. Akar tanaman bersifat kasar dan sulit dicabut. Letak daunnya berseling dengan helaian berbentuk pita dan ukuran 1-5 cm.


    Di Waluran, tanaman hanjeli sudah menjadi primadona, bahkan tanaman yang dibudidayakan di Desa Waluran Mandiri tersebut banyak dijadikan bahan penelitian mahasiswa dan praktisi dibidang pertanian dari dalam dan luar negeri.


    Menurut Camat Waluran Ali Murtado, wilayahnya saat ini tengah fokus pada pembangunan infrastuktur dan pengembangan sektor UMKM.


    Dirinya berharap kecamatan Waluran sebagai salah satu jalur alternatif menuju wilayah pantai Minajaya, pantai Palangpang, Ujung Genteng dan daerah wisata lainnya di CPUGGp dapat menjadi tempat istirahat, berbelanja dan kuliner para wisatawan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat 


    “Kami telah melakukan berbagai upaya pelatihan kepada masyarakat dan pelaku UMKM agar dapat lebih aktif dan giat dalam mempromosikan dan mendistribusikan produknya, sehingga dikenal konsumen dan memberikan nilai tambah" Ujarnya. 

    ( Surahman )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru