• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional , Wabup Sukabumi “ Harus Dibumikan Dan Menjado Bahasa Keseharian”

    PORTALMILITER.COM
    Kamis, 02 Mei 2024, 21:00 WIB Last Updated 2024-05-02T22:51:52Z

     


    PortalMiliter | Sukabumi,-Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) di lanjutkan rapat Koordinasi Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta pusat, Kamis 2 Mei 2024

    Acara yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut mengusung tema Melestarikan Bahasa Daerah, Menjaga Kebinekaan Indonesia
    ”Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional ini selain untuk menghormati dan menjaga kelestarian bahasa ibu, juga untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah berkontribusi secara terus menerus dalam program revitalisasi bahasa daerah,” demikian disampaikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz,
    Diketahui festival merupakan rangkaian program Revitalisasi Bahasa Daerah, festival ini menjadi wadah diseminasi pelindungan bahasa dan menyosialisasikan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Bahasa dan pemerintah daerah. Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Tahun 2024 sendiri telah dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.
    Bidang yang dilombakan yaitu membaca dan menulis aksara daerah, menulis cerita pendek, membaca dan menulis puisi, mendongeng, berpidato, tembang tradisi, dan komedi tunggal.
    " Ajang ini merupakan upaya untuk mempromosikan keragaman bahasa daerah, menyebarluaskan semangat kecintaan dan ekspresi kebanggaan terhadap bahasa daerah, serta sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku RBD, khususnya generasi muda" tambah E. Aminudin.
    Sementara itu Mendikbud, Nadiem Makarim mengatakan kebanggaannya karena bisa hadir pada kesempatan tersebut
    " adik adik peserta ini adalah anak harapan bangsa yang akan memajukan nama indonesia di masa yang akan mendatang, ini adalah inplementasi dari salah satu episode merdeka belajar ke 17, digitalisasi bahasa daerah, dalam 4 tahun saja kita berhasil meraih repitalisasi 72 bahasa daerah
    Menurut Mendikbud, ini adalah prestasi hasil dari gotongroyong semua pemangku kepentingan di daerah dan di pusat yang menyukseskan program ini, potensi bahasa daerah sebagai ekpresi budaya perlu kita gali dan ekplorsasi kedepan masih banyak bahasa daerah indonesia yang harus kita upayakan pelestarian nya untuk mengatasi kepunahan bahasa.
    Usai mengikuti acara, Wabup menyampaikan bahwa festival bahasa ibu merupakan momentum penting dan strategis untuk kebaikan di masa depan.
    " tinggal sekarang bagaimana kita menindak lanjuti pelaksanaannya kedepan agar bahasa ibu bisa di bumikan di sukabumi khususnya dan di daerah yang lain karena sekarang bahasa daerah seringkali terlupakan,karenanya harus berkembang terus di kabupaten sukabumi agar bahasa ibu di pakai oleh generasi muda baik di sekolah maupun dilingkungan" jelasnya.


    ( Deden )
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru