• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Terjual 60 Ekor, Pedagang Kelelawar Tak Khawatir Virus Corona

    Selayar Pos
    Selasa, 28 Januari 2020, 11:12 WIB Last Updated 2020-01-28T04:12:10Z
     Terjual 60 Ekor, Pedagang Kelelawar Tak Khawatir Virus Corona

    SELAYAR POS ■ Hewan kelelawar sejauh ini diyakini sebagai biang kerok merebaknya virus Corona yang telah menginfeksi ribuan orang di dunia.

    Sementara itu pedagang kelelawar di Pasar Burung Depok Solo Jawa Tengah (Jateng) tidak khawatir wabah virus korona yang isunya diduga menyebar melalui kelelawar. Mereka mengklaim jumlah pembeli kelelawar di pasar justru meningkat.

    "Hewan kelelawar ini, justru warga banyak yang mencari karena diyakini bisa untuk pengobatan alternatif bisa menyebuhkan penyakit asma atau sesak nafas," Haerulloh (40) salah satu pedagang kelelawar di Pasar Burung Depok Solo, Jateng, Senin (27/1/2020).

    Haerulloh mengatakan para pedagang di pasar Depok sebenarnya sudah banyak yang mendengar soal berita kelelawar diduga menjadi penyebab virus korona di China. Tetapi hingga sekarang belum ditemukan adanya kasus virus khususnya di wilayah Solo.

    "Pedagang di Solo tidak khawatir karena kasus virus itu, di Indonesia belum ada. Selain itu, cara mengonsumsi di Indonesia bukan untuk makanan seperti sop di China, tetapi untuk pengobatan alternatif penyakit asma," kata Haerulloh yang berjualan kelelawar sudah lima tahun ini.

    Dia menerangkan kelelawar yang jenisnya kecil pemakan buah sering sebut codot dalam bahasa Jawa, sedangkan yang jenis besar sering disebut kalong. Warga yang mencari kelelawar biasanya diyakini untuk pengobatan penyakit asma.

    Pedagang menjual kelelawar kecil dengan harga Rp10.000 per ekor, sedangkan yang besar atau kalong bisa mencapai Rp100.000 per ekor. Jumlah kelelawar yang dijual kini mencapai 60 ekor dan didatangkan dari penjaring lokal Solo.

    "Kami sejak berjualan kelelawar di Solo, belum ada pelanggannya yang terindikasi virus yang diduga berasal dari kelelawar ini," katanya.

    Yanto (53) salah satu pengunjung di Pasar Burung Depok Solo mengatakan warga yang membeli kelelawar biasanya untuk pengobatan sesak nafas. Warga menyakini kelelawar bisa menyembuhkan penyakit sesak nafas.

    Dia menjelaskan kelelawar yang dijadikan obat terlebih dahulu dipotong dan dikuliti. Sisa dagingnya kemudian kemudian dikukus. Daging itu, kemudian diberikan kepada mereka yang mempunyai penyakit asma.

    Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Surakarta Evi Nur Wulandari Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor telah mengambil sempel kotoran dari kelelawar di Pasar Burung Depok Solo.

    Menurut dia, kotoran kelelawar tersebut diambil dijadikan sampel oleh Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor dan sekarang masih menunggu hasilnya tes penelitian laboratorium itu.

    Sumber : Antara

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru