• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Survey Terkini: Rakyat Indonesia Paling Percaya Institusi TNI

    Selayar Pos
    Senin, 24 Februari 2020, 10:12 WIB Last Updated 2021-07-20T14:12:18Z
    Survey Terkini: Rakyat Indonesia Paling Percaya Institusi TNI

    PORTAL MILITER ■ Hasil survei Indo Barometer terkini menunjukkan ada sejumlah lembaga negara yang memiliki tingkat kepercayaan publik paling tinggi.

    Institusi tersebut adalah TNI yang menempati posisi teratas dengan presentase 94 persen.

    “Lembaga negara yang memiliki tingkat kepercayaan publik tinggi yaitu TNI (94 persen),” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam konferensi pers di Jakarta, pada Minggu (24/2).

    Dia mengatakan meskipun angka kepercayaan publik pada KPK tergolong tinggi (81,8 persen). Namun hasil tersebut menempatkan lembaga tersebut di posisi keempat.

    Menurut dia, biasanya dalam tiap survei yang dilakukannya, lembaga pimpinan Firli Bahuri itu selalu masuk dalam tiga besar.

    “Biasanya KPK selalu masuk tiga besar tapi saat ini tidak,” ujarnya.

    Selain itu, survei tersebut juga menunjukkan berdasarkan tingkat kepercayaan publik terhadap insitusi penegak hukum, KPK berada di posisi teratas dengan 81,8 persen, diikuti MA (75,4 persen), Kejaksaan (52,9 persen), dan Kepolisian (51,9 persen).

    Survei Indo Barometer itu dilakukan sejak tanggal 9-15 Januari 2020 dengan melibatkan 1200 responden dari 34 provinsi yang merupakan warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

    Adapun margin of error survei sebesar ± 2.83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

    Metode penarikan sampel yang digunakan dalam survei tersebut adalah “multistage random sampling” dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

    ■ ANT/JBN

     


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru