• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Satgas Pamtas Kostrad Amankan 1 Pucuk Senjata dari Kelompok KST di Papua

    PORTALMILITER.COM
    Selasa, 07 September 2021, 03:44 WIB Last Updated 2021-09-06T20:44:16Z

    PORTAL MILITER ■ Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 501  Kostrad berhasil mendapatkan 1 Pucuk senjata jenis Pistol P1 dan beberapa alat perang lainnya dalam perburuan terhadap kelompok KST yang terjadi di Kp. Bugapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, kemarin.

    Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya mengatakan, Tim Dalpur yang terlibat dalam operasi di Kampung Bugapa, Distrik Sugapa dipimpin langsung oleh Lettu Inf Yulian Nugroho S.T.Han, yang merupakan tindaklanjut kegiatan dari Operasi Bajra 10 yang dikeluarkan untuk mencari dan menyekat pergerakan Kelompok Separatis dan Teroris Papua (KSTP) yang berada di wilayah Kabupaten Intan Jaya.

    Dijelaskan kronologi perburuan kelompok KST yang terjadi di Kampung Bugapa merupakan buah dari kesabaran untuk bisa memperhatikan situasi dan kondisi wilayah melalui patroli dan taktik operasi lainnya. 

    Dengan adanya sasaran yang dicurigai yaitu sebuah Honai yang terdapat beberapa orang diduga kelompok KST, sehingga anggota tim Dalpur segera mengatur posisi sesuai dengan perhitungan keadaan di lapangan.

    “Saat terlihat sekelompok orang KST lari berhamburan ke jurang dekat Honai yang dicurigai, anggota tim melaksanakan pengamanan di sekitar Honai. Setelah itu melaksanakan pembersihan di dalam Honai dan berhasil mengamankan 1 Pucuk pistol P1 dan perlengkapan perang tradisional lainnya milik Pok KST yang tertinggal,” ujar Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya.

    “Ini merupakan keberhasilan dari Tim yang diawaki dari prajurit Bajra Yudha Kostrad yang terpilih untuk bisa memberikan hasil terbaik buat bangsa dan negara, serta satuan pada khususnya,” tambah Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya.

    Sementara itu, Panglima Komando Operasi Gabungan (Pangkoopsgab) Pinang Sirih Brigjen TNI Susilo yang sehari-hari menjabat Asisten Operasi Kaskostrad mengapresiasi keberhasilan Tim Dalpur dari TK. Bilogai dalam kegiatan Operasi Bajra 10 ini.

    Menurutnya, kinerja yang ditunjukkan oleh Satgas Yonif PR 501 Kostrad secara umum sangat memuaskan. Keberhasilan itu juga ditunjukkan dengan tetap terjaganya kondisi keamanan di daerah Papua dan Satgas Yonif PR 501 Kostrad, khususnya titik kuat Bilogai.

    “Untuk Satgas Yonif PR 501 Kostrad secara umum mereka telah melaksanakan tugas dengan berhasil dengan indikator sampai hari ini tidak ada gejolak sosial di tempat mereka bertugas dan masyarakat merasa terbantu dengan keberadaan mereka,” Pungkas Brigjen TNI Susilo.

    Untuk diketahui, dari hasil pembersihan ditemukan barang bukti yaitu, 1 pucuk Pistol organik P-1, 1 buah magasen kaliber 9 mm, 4 butir munisi Pistol kaliber 9 mm, 1 pucuk senapan angin, 1 buah teropong, 1 buah Sangkur AK-47, 1 buah Cubi, 10 buah anak panah, 1 buah kapak, 1 buah parang, 1 buah palu, 1 buah senter kepala, 1 plastik sirih pinang, 2 buah kacamata, 2 buah gelang rotan, 1 gelang kain, 3 buah noken, 1 buah sebo, 1 buah celana pendek, 1 buah baju, 1 buah selimut, 1 buah ransel loreng,1 pasang kaos kaki potong, 1 gulung benang noken, 1 buah stagen merah, 1 buah kalung taring babi, 1 buah gelang kaki, 1 pasang sepatu boots, 1 buah panic, 3 bungkus rokok anggur kupu,  3 bungkus rokok marlboro merah, 1 sachet extrajoss, 4 bungkus mie instant, 1 botol minyak tanah, 1 gen minyak goring, 4 buah piring, 2 buah gelas, 2 plastik beras, 1 buah korek, 6 buah batre ABC, 1 plastik kopi, 1 plastik gula, 1 buah pulpen, 4 buah ubi bakar. (pen/red).

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru