• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jaksa Bina Desa ,Bupati Sukabumi" Kegiatan Ini Penting Untuk Penguatan Fungsi Kepala Desa"

    PORTALMILITER.COM
    Kamis, 16 Desember 2021, 00:10 WIB Last Updated 2021-12-15T17:10:49Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka bimbingan teknis peningkatan kapasitas perangkat desa tahun angkatan 2021 dalam kegiatan jaksa bina desa. Bimtek yang diikuti 150 orang peserta dari unsur Kepala Desa dan Perangkat Desa ini diselenggarakan di Hotel Augusta, Cikukulu, Rabu, 15 Desember 2022. 


    Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara bersama Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi ini, dilaksanan selama dua hari, terhitung 15-16 Desember 2021 dengan menghadirkan pemateri dari kejaksaan, kepolisian, dan unsur terkait lainnya.


    Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengatakan, kegiatan ini sangat bagus bagi para kepala desa dan perangkatnya. Terutama, dalam penguatan fungsi kepala desa di wilayahnya.


    "Kegiatan ini harus menjadi bekal dan komitmen untuk menjalankan roda pemerintahan. Sehingga, pemerintahan di desa bisa berjalan sesuai aturan," ujarnya.


    Apalagi, tambah Bupati, para kepala desa beserta perangkatnya tidak hanya berurusan dengan administrasi saja. Namun menyangkut segala aspek yang menyangkut pemerintahan itu sendiri. 


    "Mulai dari sosial-politik, ekonomi, budaya, dan tak kalah penting mengelola keuangan," ucapnya.



    Selain itu, kepala desa dan perangkatnya tidak hanya memiliki kemampuan manajerial. Namun, harus mengerti perundang-undangan.


    "Kita bekerja pada aturan. Bapak/ibu harus taat ,terhadap peraturan perundang-undang dan mengutamakan kepentingan masyarakat," ungkapnya.


    H. Marwan meyakini, bimtek ini mendukung percepatan peningkatan kapasitas kepala desa. Dirinya pun berterima kasih kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi yang memberikan pemahaman umum kepada kepala desa. 


    "Pemahaman hukum ini sangat penting. Tak mudah menyelenggarakan pemerintahan desa, kalau tak taat aturan. Selama bimtek ini, bapak ibu harus banyak aktif bertanya," bebernya.


    Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan harus meminta bimbingan untuk para kepala desa dan perangkatnya. 


    "Semoga pasca bimtek ini, para kepala desa dan perangkatnya bisa mengurus persoalan administrasi yang lebih baik," terangnya.


    Ketua DPD Parade Nusantara Kabupaten Sukabumi Aum M Madjanan mengatakan,bimtek ini merupakan solusi yang ditempuh untuk peningkatan SDM aparatur desa. Sehingga, pembangunan di desa bisa berjalan lancar dan sukses. Selain itu, target pemerintah tercapai. 


    "Jaksa bina desa ini, melengkapi kebutuhan ilmu hukum. Sehingga, para kepala desa semakin paham berbuat terbaik untuk masyarakat secara tepat," pungkasnya.


    ( Iyan )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru