• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Banyak Manfaat Hidup Beroganisasi

    PORTALMILITER.COM
    Sabtu, 04 Juni 2022, 17:22 WIB Last Updated 2022-06-04T10:28:30Z


     

    Portalmiliter | Sukabumi,- Semoga bemanfaat 


    Oleh Rd.Hadi Haryono.

    Indonesia merupakan salah satu negara dengan identitas sering berkumpulnya masyarakat satu dengan yang lainnya. Dan hal tersebut menjadi salah satu aktifitas yang banyak disukai untuk semua orang dari yang muda hingga yang tua. Dari kegiatan bermain, nongkrong, gosip, sampai melakukan kegiatan bermanfaat. Namun apakah kegiatan tersebut termasuk organisasi? Semuanya itu akan dijelaskan lebih mendalam pada artikel ini.


    Apa Perbedaannya Berkumpul dan Melakukan Kegiatan Organisasi?

    Diantara aktifitas – aktifitas yang dilakukan, Anda sebagai manusia yang dapat dibilang sebagai makhluk sosial, yang mana tidak akan pernah bisa hidup tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya,dengan kata lain kita butuh kerja sama yang saling melengkapi antara kelebihan dan kekurangan seseorang, sehingga tujuan yang tadinya hendak kita capai dapat terwujud dengan mudah.


    Karena di dalam organisasi tersebut terdiri dari kelompok orang yang memiliki tujuan secara umum saling mengakrabkan diri, menjalin silahturahmi namun sembari melakukan kegiatan-kegiatan dan aktifitas antar sesama anggotanya. Seperti contoh, Anda bisa melakukan pertemuan sesama anggota organisasi untuk membahas tentang memulai bisnis yang menguntungkan. Jadi, secara umum, Organisasi merupakan  suatu kelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk suatu tujuan.


    Dengan adanya organisasi Anda dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda serta dapat membangun kepribadian serta emotional intelegent Anda lebih baik


    Pengertian Organisasi

    Ada beragam definisi dan pengertian Organisasi lebih mendalam yang dikemukakan para ahli filosofi. Namun sebenarnya seluruh pengertian tersebut memiliki satu tujuan penjelasan. Menurut Stephen P. Robbins, pengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.


    Tujuan Organisasi

    Adapun tujuannya secara umum yaitu sebagai wadah Bersama – sama mencapai tujuan/ keuntungan yang bermanfaat secara Bersama – sama, sebagai tempat untuk melatih dan menambah pengetahuan, pergaulan, kemampuan, kemandirian serta sumber daya yang dimiliki.


    1. Lebih mengutamakan kebersamaan

    Didalam sebuah organisasi pastinya Anda akan lebih dituntut untuk lebih mementingkan kebersamaan karena didalamnya selalu menyangkut dengan orang banyak yang dimana kita harus bekerja sama dengan anggota lainnya dan tidak dapat membebankan hanya pada satu orang saja. Jadi setiap anggota nya akan lebih termotivasi untuk saling bekerja sama supaya tujuan meraka cepat tercapai.


    2. Mudahnya dalam menyelesaikan masalah

    Masalah adalah hal yang tidak akan pernah bisa kita hindari, namun bisa bahkan harus kita atasi. Didalam sebuah organisasi itu, masalah adalah lumrah untuk diperbincangkan dikarenakan setiap anggota itu mempunyai pendapat dan karakter yang berbeda,namun disini lah peranan penting sebuah organisasi dimana masalah yang timbul itu tidak akan dibebankan atau diputuskan oleh salah satu anggota saja tetapi seluruh anggota harus ikut aktif dalam memecahkan masalah tersebut.


    3. Mengajarkan atau membudayakan jiwa kepemimpinan

    Sejatinya Tuhan sudah menganugrahkan jiwa kepemimpinan manusia itu sendiri sejak mereka lahir, namun tidak semua orang yang dapat menjadi seorang pemimpin, hal ini karena kemampuan yang dimiliki oleh manusia itu berbeda. Didalam sebuah organisasi Anda dapat melatih jiwa kepemimpinan Anda karena disini anda diberi kesempatan untuk belajar dan berkembang menciptakan inovasi dan kreatifitas serta selalu berpikiran positif, dilatih menjadi lebih berani dalam mengambil keputusan dengan seksama dan tidak egois, dan pada oraganisasi Anda juga akan dilatih bagaimana mengatur manajemen yang baik, serta bagaimana menerapkan fungsi manajemen.


    4. Menumbuhkan sikap disiplin dan etos kerja didalam dirinya

    Sikap disiplin itu sangat penting untuk semua orang khusunya untuk para pe

    erja. Karena dengan disiplin pekerjaan anda dapat terorganisir dan dapat membawa dampak yang baik untuk lingkungan pekerjaan, namun tidak semua orang yang dapat menerapkan sikap disiplin dan etos kerja yang baik, sehingga bisa menghambat mereka dalam berkarier. Dengan berorganisasi Anda dapat menumbuhkan sikap disiplin dan etos kerja yang baik dalam diri Anda,karena kita akan terlatih dengan sendirinya untuk menempati janji, berkomitmen dan lain sebagainya. 

    Untuk menjadikan Anda sebagai seorang yang disiplin dan memiliki etos kerja, di dalam sebuah organisasi juga perlu dan butuh Standar Operasional Prosedur(SOP)yang dapat dijadikan indicator untuk beberapa anggota dalam organisasi tersebut apakah mereka sudah bertindak disiplin atau tidak.


    5. Dapat membina emotional intelligence

    Selain kepribadian Anda yang dapat terbentuk menjadi lebih baik, Organisasi juga dapat membina atau membentuk emotional intelligence anda, sehingga Anda akan lebih percaya diri dalam bersosialisasi.


    6. Menambah pengetahuan dan wawasan seseorang

    Pengetahuan dan wawasan yang luas sangatlah penting untuk manusia sebagai mahluk sosial, baik untuk menguatkan suatu argumen dalam berpendapat ataupun untuk berkomunikasi. Namun sayangnya terkadang manusia belum mempunyai pengetahuan dan wawasan yang cukup luas. 

    Namun di dalam organisasi, anda akan selalu berinteraksi dengan sesama anggota lainnya atau bahkan para pengurus organisasi tersebut, yang menimbulkan bertambahnya pengetahuan dan wawasan Anda karena adanya saling bertukar informasi dan wawasan tersebut tadi.


    Setelah Anda mengetahui pengertian , tujuan dan manfaatnya berorganisasi, Anda bisa menjadikan organisasi sebagai wadah untuk bersosialisasi dan menjalin silahturahmi. Namun perlu diketahui bahwa organisasi juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar tentang mengelola keuangan yang efektif.



    (R.HADI )


     

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru