• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Deklarasi Jampang Tandang Tampilkan Berbagai Seni Budaya Demi Memajukan Kesenian Daerah

    PORTALMILITER.COM
    Minggu, 04 September 2022, 18:33 WIB Last Updated 2022-09-04T11:34:32Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,- Deklarasi Jampang Tandang yang di gelar di lapang Bola Desa Gunung Sungging kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi , di sambut hangat oleh para tokoh Jampang.



    Berbagai macam seni budaya sunda selama tiga hari berturut-turut di gelar dalam Deklarasi Jampang Tandang sebgai upaya memajukan seni budaya yang ada di kabupaten Sukabumi .


    Dalan kesempatan tersebut Ketua Paguyuban Jampang Tandang Hendra Permana, S.Sos.MM  mengatakan, “Dengan dideklarasikannya Paguyuban Jampang Tandang ini, diharapkan ini  sebagai wadah pemersatu bagi masyarakat yang ada dipajampangan khusus nya ,dan Kami juga berharap PJT ini menjadi basis pemikiran dan pengembangan sumber daya manusia, selain menggiatkan seni Budaya yang kita miliki,"Ungkapnya,Sabtu, 03/09/2022.




    Dalam acara tersebut  berbagai macam kesenian sunda seperti, Numbuk Lisung, Dongdang, dan pemukulan Goong Kabuyutan, Ikut memerihakan Dekalarasi Jampang Tandang .


    Masih di lokasi acara  Ketua Koperasi Tambang Rakyat Sukabumi (KTRS) Iyus Tendi didampingi Dede Kusdinar  Ketua Koperasi Penambang Sukabumi (KPS) mengatakan,


    "Ini merupakan wadah untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Pajampangan,dengan kekayaan Sukabumi yang begitu banyak , dari mulai Seni budaya , beladiri, Alam, wisata dan banyak lagi kekayaan Sukabumi yang kita miliki , kami harapkan ini  dapat berkontribusi lebih banyak lagi demi pembangunan Pajampangan dan kabupaten Sukabumi pada umumnya," terangnya 


    "Selain itu kami juga sangat mengapresiasi kepada gelar deklarasi ini,"tegasnya.


    Dalam deklarasi Jampang Tandang, ada upacara adat yang pertama kali  dilaksanakan di Pajampangan, selain Drum Band, Pencak Silat dan kesenian Debus.


    "Jampang Tandang , Jampang NU Urang , ku urang di jaga , ku urang di mumule, ker urang jeng anak incu urang sadayana," pungkas nya .

    ( Red )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru