• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Situs Cagar Budaya Salak Datar Terlihat Tanpa Pagar Pembatas, Ini Jawaban Salah Satu Kabid Disbudpora Kab.Sukabumi

    PORTALMILITER.COM
    Selasa, 06 September 2022, 21:09 WIB Last Updated 2022-09-06T14:11:55Z

     

    Portalmiliter l Sukabumi,-Tempat bersejarah yang telah terdaftar di Disbudpora salah satunya dikenal nama situs cagar budaya kampung salak datar RT 003/008 desa Cimaja kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi.


    Kepada awak media Portalmiliter pemerhati lingkungan yang bernama Aip Mulyadin mengatakan"Saya sampaikan untuk situs cagar budaya kampung Salak Datar ini ada beberapa bentuk yang unik seperti kopiah haji, batu yang permukaannya datar tapi ada persis seperti jejak kaki bayi atau tapak kaki bayi mungil,terus lagi ada batu yang berlubang 7 tersusun seperti lubang pada permainan congklak,ada kumpulan batu unik berbentuk seperti kasur warga menyebutnya batu kasur,"tuturnya,Selasa 6 September 2022.


    "Namun sungguh sangat disayangkan tidak terlihat  ada pagar yang mengelilingi bangunan situs tersebut sehingga terkesan tidak ada pembatas antara batu unik yang satu dengan batu uni yang lainnya,"paparnya Saat di temui di lokasi Situs Cagar Budaya Salak datar.


    "kepada dinas terkait semoga ada pembangunan pagar dan juga perbaikan musholanya yang bisa digunakan untuk beribadah yang pada datang ke situs cagar budaya Salak Datar tersebut,"paparnya.



    Sementra Kabid Sejarah dan budaya Yati , Melalui pesan WhatsApp nya menyampaikan kepada Portalmiliter.com "1 bulan  sekali ditinjau olleh Koordinator jurupelihara ( jupel ). Dan  Kita juga ingin ada pemagaran. Sudah  3 thn ini kondisi penganggaran masih belum normal...karrna covid. Mudah mudahan  ke depan kami bisa menggarap lagi penataan situs," terang nya.


    " Situs situs yang ada di Sukabumi adalah kekayaan Kabupaten Sukabumi , karna itu sudah menjadi kewajiban. Kami disbudpora Menjaga dan memelihara situs dan peninggalan sejarah ini ,"pungkasnya.


    ( R.Iyan S )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru