• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Sukabumi Hadiri Puncak Peringatan 1 Abad NU Auditorium PCNU Cicantayan

    PORTALMILITER.COM
    Sabtu, 04 Februari 2023, 17:38 WIB Last Updated 2023-02-04T10:39:31Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri Puncak Peringatan 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) Tingkat Kabupaten Sukabumi.Bertempat di Auditorium PCNU Kabupaten Sukabumi, Jl. Raya Kadupugur, Cijalingan, Kecamatan Cicantayan.Sabtu (04/02/2023).. 


    Kegiatan yang di gelar oleh PCNU Kabupaten Sukabumi ini mengambil tema " Merawat Jagat, Membangun Peradaban." 


    Berdasarkan catatan sejarah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 H (yang bertepatan dengan tanggal 31 Januari 1926) di Kota Surabaya oleh seorang ulama yang bernama Hasyim Asy'ari dan para pedagang untuk membela praktik Islam tradisionalis (sesuai dengan akidah Asy'ariyah dan fiqih Mazhab Syafi'i) dan kepentingan ekonomi anggotanya.Pandangan keagamaan NU dianggap "tradisionalis" karena menoleransi budaya lokal selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam.  


    Dalam Sambutannya Bupati Sukabumi mengatakan "bahwa Tema utama ini mengandung  dua frasa . Yang pertama merawat jagat, hal ini menjadi tugas manusia sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 30, bahwa manusia sebagai khalifah di muka bumi. Yang artinya tugas ini hanya di amanahkan kepada manusia, bukan kepada mahluk ciptaannya yang lain.amanah tersebut menjadikan islam sebagai rahmat  bagi semua (rahmatan lil alamin). Sedangkan frasa kedua , adalah frasa membangun peradaban . Pesan yang ingin  disampaikan adalah bagaimana menciptakan sebuah kemajuan dan kebudayaan yang tinggi,"ungkapnya.


    Dikatakan pula peradaban di Indonesia sangatlah istimewa karan para shalihin membangun peradaban dengan dua kunci tersebut . 


    " sehebat apapun negara ,namun tidak memiliki ulama shalih, perlahan tapi pasti akan terjadi kemunduran.oleh karenanya adanya orang shalih itu nikmat terbesar" jelas Bupati 


    Berdasarkan penjelasan , tersebut , Bupati menyakini "bahwa ikhtiar bersama dalam  mewujudkan Visi Misi dan meyukseskan berbagai program prioritas Pemerintah Daerah sebagimana di tetapkan dalam RJPMD 2021-2026  bila tanpa adanya peran atau andil Alim Ulama seperti NU sangatlah berat untuk bisa diwujudkan,"pungkasnya.

    ( Andri )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru