• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Lepas 145 Peserta Cycling DE Jabar ,Bupati Marwan "Pengembangan Wisata Ke Level Dunia"

    PORTALMILITER.COM
    Senin, 10 Juli 2023, 02:27 WIB Last Updated 2023-07-09T19:28:32Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melepas 145 Peserta Cycling de Jabar 2023, di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Sabtu, 8 Juli 2023. Cycling de Jabar mengambil tema Nyambungkeun Sumanget. 


    Berdasarkan informasi, peserta cycling ini berasal dari Jabar, Jakarta, Malaysia dan Belanda yang akan menyusuri pantai selatan Jabar sepanjang perjalanan 367 kilometer, mulai dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu hingga Pangandaran, yakni, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran. Track yang akan dilalui tersebut menjadi daya tarik hingga tantangan baru bagi para pembalap sepeda Cycling de Jabar. 


    Wakil Redaktur Harian Kompas Antonius Tomi Nugroho menjelaskan, acara yang diinisiasi oleh Harian Kompas itu bertujuan mempromosikan keunggulan potensi pariwisata  Jawa Barat selatan yang luar biasa kepada dunia


    "Pariwisata Jabar Selatan ini sangat unik karena memiliki pantai yang sangat indah dan track yang cukup menantang, sehingga akan menjadi tantangan baru bagi pembalap sepeda" Ungkapnya. 


    Menurut Antonius, dari tahun ke tahun cycling de Jabar ini semakin baik karena diminati tim internasional, oleh karena itu masyarakat dan birokrasi harus mempersiapkan dalam pertumbuhan pariwisata kedepan. 


    "Sekarang ada dua peserta internasional yang mengikuti acara ini lalu nanti mereka akan bercerita dengan club-club sepeda negara lain, selanjutnya seperti bola salju makin besar dan makin terkenal" Katanya


    Dijelaskan Antonius, ada dua Etape untuk menempuh Geopark Ciletuh sampai Pangandaran antara lain  Etape pertama peserta bakal melintasi berjarak sekitar 199,7 km dengan ketentuan batas waktu perlombaan selama 11 jam dimulai dari Geopark Ciletuh dan berakhir di Ranca Buaya, Garut.


    Kemudian, etape kedua dengan jarak sejauh 168,8 km. Peserta melanjutkan perjalanan dari Ranca Buaya dan menyelesaikan perjalanan di Pangandaran Sunset Park dengan batas waktu 10 jam.


    "Dalam dunia sepeda setiap hari itu hanya satu etape, dimana etape pertama dilaksanakan hari ini dan etape kedua dilanjutkan besok" Ujarnya. 


    Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengaku sangat terbantu adanya Cycling de Jabar 2023 yang diinisiasi oleh Harian Kompas yang berkolaborasi dengan Pemerintah dan BJB dalam pengembangan Jabar Selatan. 


    "Kegiatan ini harus menjadi kegiatan berkelanjutan dalam tatanan pengembangan pariwisata dimata dunia" Pintanya. 


    Tak hanya itu, Bupati menmabahkan bahwa Cycling de Jabar 2023 dapat mencetak bibit unggul atlet balap sepeda nasional, khususnya Jabar yang siap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 


    "Selain promosi pariwisata Jabar cycling Jabar ini manfaat yang bisa diperoleh juga tentunya potensi usaha akan meningkat dari mulai Kab. Sukabumi hingga Pangandaran" Tuturnya. 


    Bupati menambahkan, rute dengan menyusuri lima wilayah yakni, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran diharapkan bisa memperkenalkan destinasi wisata dan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, karena ini selaras dengan program pemerintah untuk menjadikan sektor wisata menjadi pengungkit kebangkitan ekonomi.


    Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengibarkan bendera sebagai tanda dilepasnya peserta Cycling de Jabar 2023. 

    ( Ranggas )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru