• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Warga Desa Tambolongan Minta Pemda Selayar Perhatikan Petani Rumput Laut

    Selayar Pos
    Kamis, 04 Juni 2020, 02:22 WIB Last Updated 2020-06-03T19:22:55Z

    SELAYAR POS ■ Warga Desa Tambolongan, Kec. Bontosikuyu, Kab. Kep. Selayar kian optimis dengan perkembangan rumput laut. Jumlah warga yang menekuninya juga terus bertambah, sejalan dengan hasilnya yang semakin menjanjikan.

    Demmatarang adalah petani yang pertama kali berhasil membudidayakan rumput laut, di dusun tangnga-tangnga, Desa Tambolongan. Bermodalkan rumput laut yang jatuh dan dipungutnya dari atas kapal.

    "Awalnya ada kapal yang memuat rumput laut dari Benteng ke Tambolongan, setelah sampai di Tambolongan ada yang jatuh dan keluar dari karung, nah itulah yang saya pungut, kasih masuk dalam gabus lalu saya bawa pulang. Lalu mencari tali dilaut untuk saya sambung dan saya tidak menyangka 1 bulan kemudian, rumput laut yang saya tanam hanya 5 bentangan berkembang dengan pesat," ungkap, Demmatarang, pada Rabu, (3/6/2020).

    Kurang dari setahun dan berkat Demmatarang, kini kebanyakan masyarakat Desa Tambolongan beralih profesi menjadi petani rumput laut dan sudah berhasil menghasilkan puluhan ton.

    "Saya ajak masyakarat untuk mengembangkan pembudidayaan rumput laut, karena mata pencairan nelayan dengan memancing ikan tidak bisa menjanjikan lagi untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

    Para petani rumput laut berharap kepada pemerintah dan dinas terkait bisa memberikan perhatian, atas apa yang telah mereka usahakan demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di desa Tambolongan. 

    ■ Ircak


    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru