• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Hari Nelayan Pantai Palangpang Yang Ke -66 Lestarikan Tradisi Budaya Dan Punya Daya Tarik Wisata

    PORTALMILITER.COM
    Rabu, 19 Juli 2023, 22:36 WIB Last Updated 2023-07-19T15:36:57Z

     

    Portalmiliter | Sukabumi,– Matahari yang mulai terbit perlahan seolah menjadi timelapse yang membuat cahayanya sedikit demi sedikit menerangi cakrawala. Di Pantai Palangpang Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. 


    Menariknya, bukan hanya diikuti oleh orang dewasa saja melainkan anak-anak kecil yang tampak gembira dan bahagia, berjalan sambil dituntun oleh orang tuanya menuju tempat acara.


    Hari ini para nelayan dan masyarakat Palangpang Geopark Ciletuh berkumpul untuk mengikuti prosesi diawali dengan melaksanakan Upacara Adat yang dipandu oleh Siswa-Siswi SMP Negeri 2 Ciemas Kab. Sukabumi


    "Pembukaan Hari nelayan Ini merupakan tradisi kita para nelayan yang ada di pesisir laut yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun ke belakang,” ucap Ketua HNSI Kec. Ciemas H Ujang Abdurochim Rohmi Senin (17/07/2023).


    Dipimipin Kepala Dinas Pemberdayaan Kelautan dan Perikanan, didampingi Ketua HNSI, Ketua Komisi I DPRD Kab. Sukabumi dari PDI Perjuangan,Anggota DPRD Kab Sukabumi dari PPP juga para muspika Kec.Ciemas diikuti masyarakat nelayan para alim ulama, para tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda mengikuti prosesi acara Pembukaan Hari Nelayan Pantai Palangpang yang Ke-66. 


    "Tradisi ini sebagai ekspresi wujud syukur atas berlimpahnya hasil laut sekaligus pelestarian adat dan budaya masyarakat pesisir yang mempunyai daya tarik bagi para wisatawan," kata H Ujang Abdurochim Rohmi. 


    Dirinya menyebutkan, "acara Syukuran Nelayan Ke-66 Pantai Palangpang melibatkan sekitar 700 peserta yang terdiri dari para nelayan, masyarakat dan pengunjung,"terangnya. 


    "Alhamdulilah, dengan terselenggaranya Acara Syukuran Nelayan Pantai Palangpang Yang Ke-66 ini semua hasil kbersamaan para nelayan dan kerja keras Panitia Penyelenggara hingga terwujud dan terlaksana acara Syukuran Nelayan ini dengan dorongan Do'a kita semua,"pungkasnya.


    Reporter :  Dedi s

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru