• Jelajahi

    Copyright © PORTALMILITER.COM | BERITA INDONESIA TERKINI, BERITA HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wabup Iyos Hadiri Tanam Perdana Sorgum Di Desa Kertajaya Simpenan

    PORTALMILITER.COM
    Senin, 17 Juli 2023, 14:47 WIB Last Updated 2023-07-17T07:49:03Z

     


    Portalmiliter | Sukabumi,-Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri acara penanaman Perdana Sorgum Mandiri Agro Solusi Indonesia, berlangsung di lahan perkebunan Sorgum, Desa Kertajaya Kec.Simpenan, Senin (17/7/23).


    Sebagai informasi, Sorgum atau garai (Sorghum SPP) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.


    Presiden direktur PT. Mandiri Agro Solution indonesia M. Hendry Sultan Caniago mengatakan, penanaman sorgum tahap awal ini seluas 50 hektare, adapun target penanaman dilahan seluas 580 Hektare. 


    "Luas tanah yang tersedia yakni 1200 hektar, antara lain 50 hektare penanaman sorgum tahap awal. Apabila memungkinkan dan hasilnya bagus maka kita perluas lagi" Ucapnya


    Sementara itu Kepala Badan Pangan Nasional RI Arief Prasetyo Adi menyebutkan, bahwa pertanian Sorgum ini akan sangat menunjang bagi ketahanan pangan di indonesia. Karena menurutnya sorgum ini sangat baik bagi ketahanan pangan di indonesia sehingga bisa menjadi pilot project. 


    Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyebut, penanaman perdana sorgum ini adalah harapan baru bagi para petani di kecamatan simpenan karena dapat merubah tarap kesejahteraan masayarakat dimasa depan. 


    "Pemkab sukabumi akan bersinergi dan berkolaborasi untuk mendukung keberlangsungan pertanian sorgum iniini" Ucapnya. 


    Dipaparkan Wabup, Pemkab siap untuk bekolaborasi, bersinergi dengan masyarakat untuk memajukan pertanian sorgum, Apalagi yang akan didapat ini akan dilabeli dengan nama mandiri cileutuh. 


    "Ini salah satu kebanggan bagi kami dan para petani disini bisa sejahtera" Ujarnya


    Dalam kesempatan tersebut Wabup Iyos mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional RI melaksanakan penanaman pertama bibit sorgum serta melaksanakan peninjauan kelokasi tempat penanaman sorgum 

    ( Red )

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru